Powered by Blogger.

Monday, January 8, 2018

Tag:

TOKYO – DAERAH METROPOLITAN TERBESAR DI DUNIA

Tokyo adalah ibu kota Jepang sekaligus daerah terpadat di Jepang, serta daerah metropolitan terbesar di dunia berdasarkan jumlah penduduknya (33.750.000 di perkotaan dan sekitarnya).

Sekitar 12 juta orang tinggal di Tokyo dan ratusan ribu lainnya berpulang pergi setiap hari dari daerah sekitarnya untuk bekerja dan berbisnis di Tokyo. Tokyo adalah pusat politik, ekonomi, budaya dan akademis di Jepang serta tempat tinggal kaisar Jepang dan kursi pemerintahan negara, dan sekaligus merupakan pusat bisnis dan finansial utama untuk seluruh Asia Timur.

Tokyo mempunyai jauh lebih sedikit gedung pencakar langit dibandingkan dengan kota lain yang seukurannya karena peraturan konstruksi gempa buminya. Bangunan di Tokyo kebanyakan terdiri dari apartemen tingkat rendah (6 hingga 10 lantai) dan rumah keluarga yang sempit. Tokyo juga merupakan lokasi sistem transportasi massal paling kompleks di dunia, dan terkenal akan jam-jam sibuknya yang padat.

Walaupun Tokyo merupakan salah satu kota yang terpadat dan merupakan daerah metropolitan terbesar di dunia, tetapi Tokyo juga memiliki aspek - aspek lingkungan yang berhasil, yaitu :

   1.    SUNGAI
Sungai Sumida adalah sungai yang mengalir di Tokyo, Jepang. Sungai ini berasal dari percabangan Sungai Arakawa di Kita, Tokyo dan bersatu dengan Sungai Shingashi yang mengalir di Prefektur Saitama. Sungai Sumida bersama anak-anak sungai yang disebut Sungai Shingashi, Sungai Shakujii, Sungai Kanda, dan Sungai Nihonbashi bermuara di Teluk Tokyo. Festival Kembang Api Sumidagawa adalah acara tahunan yang diselenggarakan di tepian Sungai Sumida.

Terdapat banyak jembatan dalam berbagai warna dan desain yang menghubungkan kedua sisi Sungai Sumida. Bangunan-bangunan di kedua sisinya juga berbeda. Pemandangan bangunan-bangunan tersebut sangat dinamik dan tidak membosankan. Berbagai jenis perahu juga berlayar di Sungai Sumida. Beberapa di antaranya merupakan restoran terapung, di mana orang-orang biasanya mengadakan event. Selain itu, terdapat juga perahu turis yang berlayar dari Odaiba hingga Terminal Cruise Asakusa. 









   2.     TAMAN
Taman Yoyogi adalah sebuah taman kota terbesar keempat di Tokyo, Jepang, terletak berdekatan dengan Stasiun Harajuku dan Meiji Shrine di Shibuya. Taman ini dipisahkan oleh jalan menjadi dua bagian; Bagian A untuk Taman/Hutan, dan Bagian B untuk stadion, panggung terbuka, dan fasilitas lainnya.

Fasilitas taman dengan tanaman hijau dan pemandangan air terdiri atas tiga air mancur besar dan kecil dengan ukuran 15 sampai 30 meter. Pembangunan aliran air selesai pada Mei 1990. Di sisi utara taman terdapat pohon-pohon yang rimbun dan tanaman hijau dimana masyarakat dapat beristirahat untuk menikmati pemandangan atau membiarkan hewan peliharaan mereka berkeliaran bebas di taman. Di sisi selatan taman memiliki plaza untuk acara atau panggung terbuka dari festival Tokyo, termasuk acara tahunan Hari Bumi , Thai Festival dan One Love Jamaika. Taman ini buka 24 jam, dan termasuk parkir.



   3.    TRANSPORTASI
Jepang memiliki sistem transportasi yang menjadi salah satu yang paling maju di dunia. Jasa perkeretaapiannya saja sudah mencakup hampir semua tempat tujuan yang memungkinkan. Selain itu, terdapat sistem jalan bebas hambatan nasional dan juga jasa penerbangan domestik yang maju. Bus dan taksi tersedia setiap saat di kota-kota, sedangkan kapal ferry menghubungkan Tokyo, Osaka dan Kobe dengan pelabuhan-pelabuhan utama di Hokkaido dan Kyushu.

Selain itu, Jepang menawarkan jasa penerbangan internasional yang komprehensif melalui 2 perusahaan penerbangannya, yaitu Japan Airlines dan All Nippon Airways serta menjadi tuan rumah bagi pesawat penumpang asing yang terbang ke seluruh dunia.

Perusahaan kereta api Jepang di antaranya Japan Railways (JR) merupakan grup yang terdiri dari 6 perusahaan kereta api yang mencakup seluruh negeri, dan juga berbagai perusahaan yang beroperasi di banyak kota-kota besar. JR sangat dikenal dengan ketepatan waktunya yang luar biasa, dengan kereta api-kereta api yang sangat sibuk beroperasi di Tokyo commuter line-nya, yang berhenti di stasiun-stasiun setiap 1,5 menit selama masa-masa sibuk.

Dan tentu saja, Shinkansen atau “Kereta Api Peluru”nya memberikan perjalanan sangat cepat dan terpercaya ke hampir semua tempat di Jepang. Jaringannya terdiri dari Tokaido Line, Sanyo Line, Kyushu Line, Tohoku Line, Nagano Line, Akita Line, Yamagata Line dan Joetsu Line. Jasa jarak jauh JR di antaranya super express (ekspres super), limited express (ekspres terbatas), express, berth (kereta tidur) dan reserved seat (tempat duduk yang dipesan) dengan biaya yang beragam tergantung dari jarak dan jenis jasanya. Untuk kereta api dalam kota, belilah tiket untuk kereta api lokal di mesin penjualan tiket di setiap stasiun, dan pergilah ke Ticket Reservation Offices (Kantor Pemesanan Tiket) untuk tiket dengan kelas yang berbeda, dan juga untuk perjalanan jarak jauh.




KESIMPULAN

Kota ekologis adalah satu pendekatan pembangunan kota yang didasarkan atas prinsip-prinsip ekologis. Pendekatan ini dipilih sebagai jawaban atas semakin memburuknya kondisi lingkungan kota karena pendekatan pembangunan yang lebih berorientasi pada kepentingan ekonomi jangkapendek. Kota Ekologis mempunyai kesamaan dengan konsepsi kota yang berkelanjutan, yang menekankan pentingnya menyeimbangkan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam pembangunan kota. Kota Ekologis juga mempunyai pandangan jauh ke depan, bahwa Pembangunan kota harus mempertimbangkan keberlanjutan atau masa depan kota dengan menekankan 3 prinsip utama yaitu kesesuaian dengan iklim, efisiensi sumber daya, efisiensi energy.


Selain Tokyo merupakan kota yang sangat maju tapi Tokyo tetap memperhatikan aspek lingkungan dan kepentingan masyarakat seperti dari transportasi dan tempat hiburan seperti taman dan sebagainya yang ada sehingga mencerminkan kota ekologi yang menyeimbangkan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan.





SUMBER




About

Hi, My Name is Daksa Febrinandana. I am a architecture student

1 comments:

  1. Main Poker Kalah Terus? Ayo Main Di Poker Sejati Win Rate 99%!

    Kini POKERSEJATI hadir untuk anda semua. Buruan join bersama kami di POKERSEJATI.ORG

    Minimal deposit 10.000 dan withdraw 50.000. Proses deposit hanya 2 menit.

    PokerSejati menyediakan promo-promo :

    * Bonus Rollingan 0,5% setiap hari.
    * Bonus Referal 20% Seumur Hidup.

    Kontak Kami :

    WHATSAPP : +6282335533845
    LINK ALTERNATIF : pakubeton.com
    BBM : suksesps

    ReplyDelete