A. PENDAHULUAN
Mata kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah mata kuliah yang
membicarakan tentang nilai-nilai, kebudayaan, dan berbagai macam masalah yang
dihadapi manusia di dalam hidupnya sehari-hari.
Setelah mendapatkan mata kuliah Ilmu Budaya Dasar mahasiswa
diharapkan memperlihatkan :
1. Minat dan kebiasaan
menyelidik apa yang terjadi disekitarnya dan di luar lingkungannya.
2. Sadar akan pola-pola nilai yang dianutnya.
3. Rela memikirkan kembali
dengan hati yang terbuka tentang nilai-nilai yang dianutnya.
4. Berani
untuk mempertahankan nilai-nilai yang dirasannya sudah dapat diterima dengan
penuh tanggung jawab.
B.
PENGERTIAN ILMU BUDAYA
DASAR
Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar
dasar dan pengertian tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji
masalah-masalah kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan di Indonesia sebagai
pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris The
Humanities. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa Latin
Humanus yang bisa diartikan manusiawi, berbudaya dan halus (refined). Dengan
mempelajari The Humanities diandaikan seseorang akan bisa mcnjadi lebih
manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.
Secara umum pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau
arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani
maupun rohani.
Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa devinisi kebudayaan:
1
Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam
2
Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran
3
Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi
dan sosiologi
4 Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian,
bahasa, adat istiadat, budaya daerah dan budaya nasional
Latar belakang ilmu budaya dasar dalam konteks budaya, negara,
dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut:
1
Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, dan
segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya,
yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan (primodial) kesukuan dan
kedaerahan.
2
Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjadinya
perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental
manusiapun terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya
ini akan timbul konflik dalam kehidupan.
Kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi menimbulkan perubahan
kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya,
sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya.
Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki
segi-segi positifnya, juga memiliki segi negatif akibat dampak negatif
teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.
C.
TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan
usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum
tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia
dan kebudayaan. Dengan demikian mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk
mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam
pengetahuan budaya (the humanities) akan tetapi IBD sebagai salah satu usaha
untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan
pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang
menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya
sendiri.
Berpijak dari hal diatas, tujuan utama mata kuliah ilmu budaya
dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran, khususnya
berkenaan dengan kebudayaan, agar daya tangkap, persepsi dan penalaran mengenai
lingkungan budaya mahasiswa dapat menjadi lebih halus. Untuk bisa menjangkau
tujuan tersebut IBD diharapkan dapat :
1. Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya,
sehingga mereka lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, terutama
untuk kepentingan profesi mereka.
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan
mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis
mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih
mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal
yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancer dalam berkomunikasi.
4. Dengan ringkas dapat disebutkan bahwa tujuan IBD secara umum
adalah :
Pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan
perhatian, pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang timbul dalam
lingkungan, khususnya gejala-gejala yang berkenaan dengan kebudayaan dan
kemanusiaan, agar daya tanggap, persepsi dan penalaran berkenaan dengan lingkungan
budaya dapat diperluas.
D.
RUANG LINGKUP ILMU
BUDAYA DASAR
Bertitik tolak dalam kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua
masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang
lingkup kajian mata kuliah IBD (Ilmu Budaya Dasar), kedua masalah pokok itu
adalah :
1.
Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan
masalah kemanusian dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan
pengetahuan budaya (The Humanities), Baik dari segi masing-masing keahlian
(Disiplin), didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (Antar Bidang)
berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
2. Hakekat manusia yang satu
atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan
masing-masing zaman dan tempat.
Manusia tidak hanya sebagai objek pengkajian, bagaimana hubungan
manusia dengan alam, dengan sesama, dan bagaimana pula hubungan sang pencipta
menjadi tema sentral dalam IBD, pokok-pokok bahasa yang dikembangkan adalah :
1.
Manusia Dan Harapan
·
Kepercayaan
·
Harapan
2.
Manusia Dan Kegelisahan
·
Keterasingan
·
Kesepian
·
Ketidakpastian
3.
Manusia Dan Tanggung Jawab Serta Pengabdian
·
Kesadaran
·
Pengorbanan
4.
Manusia Dan Pandangan Hidup
·
Cita-Cita
·
Kebijakan
5.
Manusia Dan Cinta Kasih
·
Kasih Sayang
·
Kemesraan
·
Pemujaan
6.
Manusia Dan Keindahan
·
Renungan
·
Kehalusan
7.
Manusia Dan Penderitaan
·
Rasa Sakit
·
Siksaan
·
Kesengsaraan
8.
Manusia Dan Keadilan
·
Kejujuran
·
Pemulihan Nama Baik
·
Pembalasan
E.
KESIMPULAN
a. Ilmu Budaya Dasar adalah
suatu pengetahuan yang menelaah berbagai masalah kemanusiaan dan budaya, dengan
menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari dan telah dikembangkan oleh
berbagai bidang pengetahuan keahlian yang tergolong dalam Pengetahuan Budaya.
b. Kebudayaan adalah hasil
buah budi manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup. Dan budaya adalah daya
dari budi yang berupa cipta, karsa dan rasa.
c. Latar belakang ilmu
budaya dasar bermula dari kritik yang diberikan oleh sejumlah cendikiawan
mengenai system pendidikan kita yang dinilai sebagai warisan system pendidikan
pemerintahan Belanda pada masa penjajahan dengan tujuan menghasilkan tenaga
terampil dalam bidang administrasi, perdagangan, teknik,dan keahlian lain demi
kelancaran usaha mereka dalam mengeksploitasi kekayaan Negara kita. Padahal
pendidikan itu seharusnya lebih ditujukan untuk menciptakan kaum cendikiawan
daripada mencetak tenaga yang terampil. Para lulusan perguruan tinggi
diharapkan dapat berperan sebagai sumber utama bagi pembangunan Negara secara
menyeluruh. Dari mereka diharapkan adanya sumbangan ide bagi pemecahan masalah
social masyarakat yang sangat kompleks dan berkaitan satu dan lain, dan juga
dalam masalah budaya.
Ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar terdiri dari:
1.
Manusia dan cinta kasih
2.
Manusia dan keindahan
3.
Manusia dan penderitaan
4.
Manusia dan keadilan
5.
Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
6.
Manusia dan kegelisahan
7.
Manusia dan harapan.
d.
Hubungan IBD dengan ilmu eksak. Sesuai dengan pengertian dan sasaran ilmu
budaya, maka tidak mengherankan jika pengetahuan budaya dasar itu berkaitan
sekali dengan ilmu-ilmu teknik, justru ilmu teknologi itu adalah hasil dari
budaya manusia. Karena itu tidak mengherankan, jika karya budaya itu menuntut
kekuatan, keindahan, kepraktisan, dan sebagainya. Jadi IBD merupakan ilmu yang
bertugas mendasari mental pribadi mahasiswa yang untuk dapat menerima, meresapi
dan menghayati ilmu-ilmu budaya di samping ilmu-ilmu lain yang menjadi ilmu
disiplinnya masing-masing.
SUMBER : https://ahmadtaufiqcaesar.wordpress.com/3-2/
https://rendyaprian21.wordpress.com/2015/04/14/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup- ilmu-budaya-dasar/
About Daksa febrinandana
Hi, My Name is Daksa Febrinandana. I am a architecture student
0 comments:
Post a Comment